AGENDA RAKYAT...

Begitu mudah orang meng-claim atas nama rakyat. Semua orang memang bisa menyatakan atas nama rakyat. dari mulai pak RT-RW, bisa bilang atas nama warga diwilayahnya. Kepala dusun dan desa pun bisa demikian. Men-claim atas nama masyarakat di wilayah administrasinya. Trus sampai Presiden. Partai politik pun mempunyai justifikasi atas nama massa partai, atau di luar itu. Ustad, ulama, pendeta dan orang2 yang ditokohkan pun punya kuasa. Organisasi-organisasi massa, organisasi komunitas, organsasi profesi sampai organisasi non pemerintah pun tidak ketinggalan. ATAS NAMA RAKYAT...

apa agenda rakyat sesusungguhnya? apakah sudah terserap atau sesuai dengan yang disuarakan yang mengatasnamakan tersebut? ATAS NAMA RAKYAT... MENGUSUNG AGENDA RAKYAT. Bisa iya... bisa juga tidak. Karena makna rakyat itu sendiri memang luas. Rakyat adalah seluruh manusia yang tinggal dan hidup dan mendapat mengakuan dari negera atas statusnya.
jadi memang gak salah juga kalau mereka meng-kup atas nama rakyat. paling enggak, rakyat yang dimaksud ya dirinya sendiri. kerombolannya atau.... bener2 rakyat secara hakiki. DPR berbicara atas nama rakyat indonesia... sekalipun banyak kebijakannya bertolak belakang dengan kepentingan rakyat secara hakiki. pemerintah atas nama rakyat bisa ngutang ke negera lain, sekalipun belom tahu, bayarnya pake apa. bisa juga bikin perjanjian dengan negara lain, perusahaan multinasional dll, sekalipun hasilnya menghancurkan kehidupan rakyat.

Ornop... kebanyakan menggalang dana, yang kebanyakan juga dana dari luar negeri atas nama rakyat juga. Kasus2 yang dihadapi rakyat, antisipasi atas kesengsaraan rakyat, mengentaskan kemiskinan rakyat..

Ya, semua berbicara atas nama rakyat... lalu benarkan rakyat sendiri merasa diwakili suaranya oleh semua mua yang mengatas namakan rakyat. gak peduli mereka itu siapa? untuk nambah utang, bangun PLTN, jualan tambang dan mineral serta gas bumi, hutan, sampe air.

Rakyat memang sebuah komoditi. komoditi untuk segala hal. dari mulai mendirikan negara, menjalankan negara, sampe mendapatkan recehan2. juga untuk menjadi populer, bahkan menjadi pahlawan....

0 Response to "AGENDA RAKYAT..."