catatan perjalanan II, (Bush, presiden dan bencana...)

malas rasanya melanjutkan cerita perjalanku ini...
entah.. setelah kesibukan bertambah... kerjaan gak abis-abis malah nambah terus, segan rasanya sekedar menuangkan apa yang ada dikepala dan hati. menyaksikan keserekahan, ketamakan yang menjadikan bodoh para pejabat negeri ini.
secara keilmuan, pengetahuan dan skill.. kayaknya gak ada deh yang meragukan. Meraka pasti orang pinter2 (makanya ditunjuk jadi meteri, direjen, kabag dll). tapi menjadi tolol ketika dikungkung oleh kepentingan dan keserakahan.

Ketololan ditunjukan dengan menyambut dengan sepenuh hati sang terrorist dunia, george "dajjal" wolker bush. Manusia yang di negerinya sendiri mulai gak dpt kepercayaan lagi karena menjerumuskan negeri paman sam ke berbagai masalah. dari mulai perang irak, mendorong kehancuran iklim bumi dengan gak mau menandatangani protokol kyoto ampe penyiksaan dan pembunuhan orang tak berdosa dengan tuduhan "terrorist". Hanya untuk menyambut dia, kebun raya yang menjadi kebanggan bangsa ini pun di acak-acak hanya untuk menyiapkan helly pet. untuk menyambut kedatangannya, sistem sosial kota hujan pun terganggu. mmmm... kalau menggunakan definisi disaster, kedatangan si bush ini sudah masuk katagori bencana lho...
terjadinya ketergangguan sistem kehidupan di masyarakat dan masyarakat tidak mampu mengatasinya sendiri. cuma satu indikator aja yang gak masuk, hilangnnya korban jiwa. kalau harta.. pasti terganggu. bagaimana pedagang akan dibatasi aktifitasnya. juga petani, mahasiswa, sopir dll.

Kalau kedatangannya sudah menciptakan bencana sosial.... kenapa pemerintah kita begitu bangganya menyambut kedatangan mereka? nah itu adalah salah satu contoh kegoblokan para pejabat negeri ini. Mereka yang makan dan hidup dari uang rakyat, dari pajak, dari hutang luar negeri dengan menjual kemiskinan, pembangunan dll... yang katanya untuk kesejahteraan rakyat.
Hebat kan.. mereka yang udah dikasih berbagai fasilitas tapi malah menginjak pemberi fasilitas tersebut...

jadi gak jadi deh mau cerita tentang perjalanan II yang udah mau aku tulis... he.. he...
gara2 bush pencipta dan pembawa bencana...
tapi kayaknya ini cukup menerik juga ya.. kalau kriteria bencana bisa ditambah disini. bencana akibat manusia, lebih spesifik akibat kedatangan pejabat.
Bukankah ketika presiden datang mengunjungi suatu tempat pun sama. Protokoler kepresidenan yang menjijikan telah pula memakan korban. saat mereka mengunjungi Merapi sebagai bentuk perhatian sang kepala negara, warga masyarakat justru mendapatkan susah. Berhimpitan sesama warga karena tempat pengungsian dipake si bapak menginap. saat kejadian bencana banjir bandang di jember, kunjungan dia pun menyebabkan suplay kebutuhan dasar pengungsi terganggu.
bahkan saat beliau yang terhormat lewat jalan tol, jatuh korban jiwa akibat pengendara saat itu diminta berhenti mendadak dan terjadi tabrakan karambol. si supir pun jadi tertuduh...

Kayaknya memang perlu deh memasukan satu kriteria penyebab bencana akibat dari kedatangan pejabat...
Para pakar pengelola risiko bencana harus memikirkan tentang itu. ya.. bencana akibat kedatangan presiden....

0 Response to "catatan perjalanan II, (Bush, presiden dan bencana...)"